Sunday, February 15, 2009

ISO 9001. Pengertian ISO 9001

ISO 9001 atau lengkapnya System Manajemen Mutu - Quality Management System ISO 9001 itu sebenarnya apa, sih?

Pembaca "ISO 9001 Forum" yg budiman, artikel ini ditulis untuk memahami system tsb secara sederhana, terutama bagi yg masih cukup awam, agar lebih mudah memahami. Yg penting adalah pemahamannya tidak "salah arah" dan nantinya diharapkan bisa menerapkan system tsb ke dalam kondisi nyata yg bisa berguna bagi pengembangan organisasi, bisnis, karir, maupun pribadinya.

Mungkin Anda pernah mendengar model-model manajemen yg lain selain System Manajemen Mutu ISO 9001. Seperti misalnya Total Quality Management (TQM), Balance Scorecard, MBNQA, dsb? Sebagaimana pengertian manajemen pada umumnya, bahwa manajemen adalah seni mengelola organisasi dengan memanfaatkan segala sumberdaya yg ada guna mencapai tujuan organisasi, maka sebagai sebuah model manajemen SMM ISO 9001 (QMS ISO 9001) juga memberi panduan bagaimana mengelola organisasi dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi.

Namun demikian ada perbedaan yg cukup mendasar, yakni bahwa organisasi yang menerapkan QMS ISO 9001, dan yang menghendaki sertifikasi, diwajibkan untuk mematuhi klausul-klausul yg dibuat oleh badan yg mengeluarkan standard internasional ISO 9001 tsb.

Kepatuhan atau
compliance inilah yg membedakan System Manajemen Mutu ISO 9001 dengan model manajemen lainnya. Organisasi tidak bisa bebas mengembangkan sendiri system manajemennya. Itulah sebabnya audit QMS ISO 9001 disebut juga dengan compliance audit atau audit kepatuhan.

Yang menjadi fokus dalam System Manajemen Mutu - Quality Management System ISO 9001 adalah system manajemen atau pengelolaan mutu, yg harus mengacu kepada standard internasional ISO 9001 yang dikeluarkan oleh badan standarisasi internasional atau International Organization for Standardization. ISO sendiri bukan singkatan dari International Standardization Organization. ISO berasal dari bahasa Yunani "Isos" yang berarti sama atau seragam.

Pembaca "ISO 9001 Forum" yg budiman, Standard internasional System Manajemen Mutu - Quality Management System ISO 9001 mengatur bagaimana system manajemen harus dilakukan oleh suatu organisasi untuk bisa menjamin mutu produknya, baik barang (goods) maupun jasa (service) , agar mutu produk tsb sesuai dengan persyaratan pelanggan, atau persyaratan lain, maupun sesuai standard mutu yg telah ditetapkan organisasi.

Sebagai sebuah system manajemen formal / baku, ISO 9001 mengatur system dokumentasi organisasi terkait manajemen mutunya. Dokumen dalam system management mutu ISO 9001 biasanya berisi kebijakan mutu (Quality Policy), sasaran mutu (Quality Objectives), dan pedoman mutu (Quality Manual). Sedangkan system manajemen mutu itu sendiri mencakup antara lain:
  • Customer contracts
  • Rekrutmen dan pelatihan karyawan
  • Design dan pengembangan produk dan jasa
  • Produksi dan pengiriman produk.
  • Pemilihan pemasok (Suppliers)
  • Tanggung-jawab Manajemen.
  • Internal audit mutu.
  • Pengukuran dan pemantauan
  • Perbaikan berkesinambungan
  • Tindakan perbaikan dan pencegahan
Mutu, dalam System Manajemen Mutu - Quality Management System ISO 9001, bisa mencakup kualitas produk (Q), biaya atau Cost (C), pengiriman atau Delivey (D), keamanan / keselamatan atau safety (S) dan morale (M) atau biasa disingkat dengan QCDSM.

System Manajemen Mutu - Quality Management System ISO 9001 menggunakan pendekatan proses (Process Approach), pendekatan system (system approach) dan juga menggunakan pola Plan-Do-Check-Action (PDCA) - Continual Improvement.

Pembaca "ISO 9001 Forum" yg budiman, bagaimana penjelasan tentang Process Approach, pendekatan system system approach, dan Plan-Do-Check-Action (PDCA) - Continual Improvement, kami bahas tersendiri dalam artikel lain di Blog ini.

Anda juga bisa mengakses artikel terkait di berbagai Link yg ada di Blog ini untuk artikel-2 yg belum bisa Anda temukan di Blog ini. Untuk diskusi berbagai hal terkait Quality, seperti juga Total Quality Management (TQM), Balance Scorecard (BSC), Lean Manufacturing, dsb. silakan Anda baca di Quality Forum atau klik link berikut ini: http://www.quality-forums.co.cc/.

Salam Mutu.

4 comments:

Anonymous said...

thanks a lot utk infonya. saya lumayan terbantu.

pertanyaan saya : kok hrs diberi angka ya..9001, ada yg 14001, apa yg membedakan/mencirikan antara satu dg yg lain?

bagaimana jika suatu perusahaan yg sudah iso tp praktek di lapangan mereka tdk terlalu menjalankan iso tsb?

salam,
reni
muhareni22101982@yahoo.co.id

JAWABAN UNTUK RENI said...

Buat "reni",

Terima kasih atas kunjungannya di Blog ini. Pertanyaan Anda ini sudah saya jawab di link berikut:

http://iso-9001-forum.blogspot.com/2009/09/iso-9001tentang-nomor-seri-dan-tidak.html

Silakan dibaca. Klik saja pada kata "JAWABAN UNTUK RENI" tsb di atas:

Salam mutu.

lucky said...

informasinya sangat membantu.,,

pertanyaan ;

bagaimana jika suatu perusahaan ingin mendapatkan atau mengikuti sertifikasi iso, tahapan-tahapan apa saja yag harus dilakukan atau bagaimana caranya ?

salam,
thx

Hardi Santana said...

Thanks for de infonya ya... Jelas banget blog ini..

Apa yang harus dikerjakan/lakukan terlebih dahulu dalam pembuatan 9001:2008? Thanks..


Salam,
Hardi
santanahardi@yahoo.com

ISO 9001 Forum's Table of Contents (DAFTAR ISI):

 

"ISO 9001 FORUM" e-mail/messenger: stanley.sutrisno@ymail.com ; phone: Mobile: 088-21-501-4588; 0888-240-3124. Home: 0298-523632

ISO 9001 Forum Copyright © 2008 Black Brown Pop Template designed by Ipiet's Blogger Template Modified by: Stanley Sutrisno