Thursday, March 12, 2009

ISO 9001. Manfaat Bagi Organisasi dan Konsumen_2

ISO 9001 Quality Manual.
(Artikel ini merupakan sambungan dari artikel sebelumnya: "ISO 9001. Manfaat Bagi Organisasi dan Konsumen") Bila Anda belum membaca artikel tsb silakan KLIK DI SINI atau di link berikut:


Pembaca ISO 9001 Forum yg budiman, manfaat lain penerapan system manajemen mutu - Quality Management System ISO 9001 adalah:

- Bagi Organisasi. Biasanya, badan sertifikasi yg bonafit memiliki daftar klien yg telah diberinya sertifikat atas keberhasilannya mengimplementasikan system manajemen mutu - Quality Management System ISO 9001 sesuai standard internasional, dan biasanya daftar klien tsb bisa diakses oleh semua orang melalui internet. Dengan begitu, perusahaan tsb bisa mendapat calon Buyer potensial. Dengan demikian ada potensi mendapat konsumen yg lebih luas.

- Bagi Konsumen dan calon konsumen. Dengan adanya informasi seperti tsb di atas, memberi kemudahan bagi calon konsumen dalam mencari perusahaan / Supplier yg qualified, karena telah menerapkan system manajemen mutu - Quality Management System ISO 9001, sesuai kebutuhannya.

- Pembaca ISO 9001 Forum yg budiman, manfaat lainnya bagi konsumen adalah, konsumen ini bisa lebih mendapatkan kepastian atas pesanannya, baik dari sisi kualitas produk sesuai kualifikasi yg telah ditetapkannya, delivery atau waktu pengiriman, harga yg sesuai, dan juga safety yang telah menjadi persyaratan yang dia ajukan kapada perusahaan yg menerapkan system manajemen mutu - Quality Management System ISO 9001 tsb.

Note: Organisasi atau perusahaan yg sudah tidak mampu lagi menerapkan system manajemen mutu sesuai standard internasional ISO 9001 bisa dicabut sertifikatnya jika auditor eksternal berhasil menemukan ketidaksesuaian tsb dalam kadar yg signifikan.

- Bagi Karyawan, penerapan system manajemen mutu - Quality Management System ISO 9001 yg baik juga bisa meningkatkan atau 'menjamin' kompetensi karyawan tsb, karena dalam standard internasional ISO 9001 dikatakan bahwa karyawan harus memiliki kompetensi yg memadahi, dan jika kurang memadahi maka perlu ditingkatkan kompetensinya, baik melalui pelatihan, seminar, pendidikan lanjut, dsb sesuai kebutuhan organisasi. Maka, biasanya kompetensi karyawan dari perusahaan yg telah menerima sertifikat ISO 9001 dari lembaga sertifikasi yg bonafit, kompetensinya tidak diragukan lagi.

Pembaca ISO 9001 Forum yg budiman, apakah artikel ini cukup bermanfaat bagi Anda? Atau Anda punya pandangan lain? Silakan sharing atau berikan komentar Anda. Atau jika Anda belum mendapatkan informasi yg Anda butuhkan terkait ISO 9001 dari Blog ini? Silahkan Klik dan dapatkan informasinya dari berbagai Link terkait yang ada di Blog ini .

Salam Mutu.

Stanley Sutrisno

o0O0o

ISO 9001 Forum's Table of Contents (DAFTAR ISI):

 

"ISO 9001 FORUM" e-mail/messenger: stanley.sutrisno@ymail.com ; phone: Mobile: 088-21-501-4588; 0888-240-3124. Home: 0298-523632

ISO 9001 Forum Copyright © 2008 Black Brown Pop Template designed by Ipiet's Blogger Template Modified by: Stanley Sutrisno